A. LATAR BELAKANG
Berbicara tentang organisasi selalu merupakan pembicaraan yang menarik, apalagi organisasi kemahasiswaan. Kenapa? Pertama, kegiatan manajemen organisasi jelas merupakan kegiatan yang ‘unik’, karena perpaduan dari ilmu, ketrampilan, bakat dan seni. Kedua, pelakunya adalah mahasiswa yang disebut-sebut sebagai manusia kreatif, inovatif, semangat dan dinamis. Dan ketiga,
organisasi kemahasiwaan jelas berbeda dengan organisasi pada umumnya.
komunikasi merupakan elemen terpenting dalam organisasi dan
manajemennya. Secara
umum setiap manusia yang hidup dalam masyarakat, akan terlibat dengan
yang namanya komunikasi. Hal tersebut terjadi karena manusia pasti
berhubungan secara social dapat
dikatakan komunikasi apabila ada dua orang atau lebih saling berbicara
atau menyampaikan informasi.
Komunikasi dapat dilakukan ada secara lisan, secara tatap muka, atau melalui media, baik media massa seperti surat kabar, radio, televisi, atau film, maupun media nonmassa, misalnya surat, telepon, papan pengumuman, poster dan sebagainya
Komunikasi dapat dilakukan ada secara lisan, secara tatap muka, atau melalui media, baik media massa seperti surat kabar, radio, televisi, atau film, maupun media nonmassa, misalnya surat, telepon, papan pengumuman, poster dan sebagainya
Miss
Communication (terjadinya kesalahan dalam salah satu proses
komunikasi) akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang
hendak di capai. Seperti yang terjadi dalam hubungan. Jadi dapat kita
simpulkan bahwa komunikasi sangat penting dalam berbagai aspek
kehidupan. Karena itu komunikasi merupakan hal yang mutlak dalam hidup
kita dengan orang lain. Tanpa komunikasi, kita dan orang lain tidak
dapat berhubungan dan bertukar pikiran, perasaan dan kehendak.
Relasi antarmanusia dibangun melalui komunikasi. Dengan kata lain. Komunikasi menjadi sarana yang ampuh untuk membangun sebuah relasi antara kita dengan orang lain. Melalui komunikasi, kita bisa mengenal orang lain dan demikian sebaliknya kita juga dikenal oleh orang lain.
Relasi antarmanusia dibangun melalui komunikasi. Dengan kata lain. Komunikasi menjadi sarana yang ampuh untuk membangun sebuah relasi antara kita dengan orang lain. Melalui komunikasi, kita bisa mengenal orang lain dan demikian sebaliknya kita juga dikenal oleh orang lain.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas dapat diambil suatu permasalahan yaitu dalam
berorganisasi komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi
dengan masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik,
sebaliknya miss communication ( terjadi kesalahan dalam salah satu
proses komunikasi) dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan dan misi
yang hendak dicapai.C. PEMECAHAN MASALAH
Komunikasi
berasal dari kata “Communicare” (bahasa latin) yang artinya
memberitahukan. Sedangkan menurut bahasa inggris disebut Communication
yang artinya pertukaran informasi konsep, ide, perasaan antara dua atau
lebih. Menurut
Oxford Dictionary, komunikasi adalah pengiriman atau tukar menukar
informasi, ide, dsb. Menurut Ensiklopedia, komunikasi adalah
penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari satu
pihak dalam suatu organisasi. Jadi sebenarnya komunikasi itu adalah
proses pernyataan antar manusia, pernyataan manusia disini dinamakan
pesan (message), dan orang yg menyampaikan disebut komunikator
(communicator), sedangkan orang yg menerima pernyataan pesan (message)
disebut komunikan (communicator). Adapun isi pesan yg disampaikan
komunikator itu adalah pikiran atau perasaan, serta lambing dengan menggunakan bahasa lisan maupun tulisan.
Komunikasi sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya di perusahaan atau organisasi saja,
di rumah maupun dimana pun kita berada pasti kita melakukan
komunikasi. setiap orang dalam menjalankan kegiatan sehari-hari
tentunya menggunakan komunikasi, misalnya, seseorang yg membeli barang
akan melakukan proses komunikasi, pembeli menyampaikan keinginan kepada
penjual, dan penjual memahami maksud/keinginan pembeli, sehingga
terjadi transaksi jualbeli. Dalam hal seperti ini telah terjadi proses
komunikasi. komunikasi hanya dapat terjadi bila ada orang yg
menyampaikan pesan/disebut dengan komunikator dan yg menerima pesan,
serta adanya isi pesan yg hendak di sampaikan.
Komunikasi dalam organisasi adalah komunikasi
di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan
maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, dalam
rangka pembinaan kerja sama yang serasi untuk mencapai tujuan dan
sasaran organisasi (Effendy,1989: 214). Manajemen sering mempunyai
masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif
sangat penting bagi para manajer, paling tidak ada dua alasan, pertama, komunikasi
adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen mulai dari
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai; kedua, komunikasi
adalah kegiatan dimana para manejer mencurahkan sebagian besar
proporsi waktu mereka. Proses Komunikasi memungkinkan manejer untuk
melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada
stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana
itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan
bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk
berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompo dapat tercapai.
Jadi seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen
melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebahagian besar
waktu seorang manejer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap
muka atau melalui media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan,
staf, langganan dsb. Manejer melakukakan komunikasi tertulis seperti
pembuatan memo, surat dan laporan-laporan.
Pedoman komunikasi yang baik
1. Teliti tujuan sebenarnya dalam setiap berkomunikasi
2. Pertimbangkan keadaan fisik dan fisikhis orang lain dalam berkomunikasi
3. Konsultasikan dengan berbagai pihak setiap proses manejemen mulai dari merencanakan sampai evaluasi.
4. Perhatikan tekanan nada dan eksperesi wajah sesuai dengan isi pesan yang disampaikan.
5. Perhatikan konsistensi dalam berkomunikasi
6. Jadilah pendengar yang baik dalam berkomunikasi.
D. KRITIK DAN SARAN
Komunikasi sangat penting bagi semua orang, tanpa komunikasi suatu organisasi maupun perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga komunikasi antar sesama manusia sangat di butuh kan.
Karena itu, marilah kita membangun komunikasi yg baik sejak dini (dalam organisasi-organisasi kecil)
E. DAFTAR PUSTAKA
Rujukan Applbaum, Ronald L, 1974, Strategies for Persuasive Communication, Charles E. Merril Publishing Company, Columbus, Ohio. Effendy, 1989, Kamus Komunikasi, Mandar Maju, Bandung. Handoko, T. Hani, 2003, http://rockinstreet.blogspot.com, Manajemen, BPFE,Jogyakarta Muhammad, Arni, 1995, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta. Liliweri, Alo, 1997, Sosiologi Organisasi, Citra Aditya Bakti, Bandung. Stoner, James A.F., 1996, Manajemen, Erlangga, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar